INFO

Posted by : berita kuliner Kamis, 15 Agustus 2019

Demi Suksesnya Studi Banding Mahasiswa ke Kampung Coklat
Lima Mahasiswi Cantik dari Program Studi D3 Usaha Perjalanan Wisata (UPW) Akpar Majapahit, Dipercaya Jadi Tour Leader Acara ”Blitar Tour 2019”

AGENDA studi banding teknik pengolahan coklat di Kampung Coklat, Desa Kademangan, Kabupaten Blitar bertajuk Blitar Tour 2019, Sabtu (02/03/2019) lalu, telah terselenggara dengan baik dan lancar. Kesuksesan ini tidak lepas dari kiprah lima mahasiswi cantik dari Prodi D3 Usaha Perjalanan Wisata (UPW) Akpar Majapahit yang dipercaya pihak Akademik menjadi tour leader-nya.
Studi banding teknik pengolahan coklat di Perusahaan Perkebunan (PP) Kampung Coklat Desa Kademangan Kabupaten Blitar itu diikuti  83 mahasiswa Pastry Class Tristar Group –Tristar Jemursari, Tristar Kaliwaron dan Tristar Manyar-- bersama enam dosen pembimbing yang dipimpin Chef Otje H. Wibowo SE, M.Par.
Rombongan mahasiswa itu dibagi dalam dua unit bus pariwisata, Bus pertama diisi 41 mahasiswa Pastry Class Tristar Manyar dan Tristar Jemursari. Mereka di dampingi empat dosen pembimbing, yakni Chef Otje H. Wibowo SE, M.Par., Chef Laurentia Vivi S.Pd., M.MPar., Chef Ita Suherlim dan Kaprodi D3 Usaha Perjalanan Wisata (UPW) Akpar Majapahit (Tristar Group) Dewi Marianah M.Par.
Sedangkan bus kedua mengangkut 42 mahasiswa Pastry Class dari Tristar Jemursari dan Tristar Kaliwaron. Mereka dikawal tiga dosen pembimbing, yakni Chef Renny Savitri M.Par., Chef Kristian Faskahariyanto M.MPar., Chef Fitri Sinthyadewi SE, Yarin Kitty (Staf Karyawan) dan dua orang kru dari Multimedia Tristar Group.
Sebagai tour leader-nya, pihak Panitia Blitar Tour 2019 mempercayakan kepada lima mahasiswa D3 Prodi UPW Akpar Majapahit (Tristar Group), yakni Sheila Dionita, Tasya Novita Iskandar, Nurul Hamidah (Semester V) serta Puspita Ayu dan Siti Nur Annisa (Semester III).
Tugas tour leader itu selain menyiapkan Itinerary berupa run down kegiatan sejak awal keberangkatan hingga kepulangan peserta Blitar Tour 2019 kembali ke kampus, juga memastikan bahwa acara yang telah disusun berjalan sesuai rencana. 
Sesuai Itinerary yang disusun pihak Panitia, meeting point dan persiapan keberangkatan rombongan ditetapkan di Kampus Akpar Majapahit pada Sabtu (02/02/2019) pagi sekitar pukul 06.30-06.45. Sedangkan on board untuk perjalanan dari Surabaya ke Blitar 06.45-10.30 WIB dan sesampai di Kampung Coklat diisi kegiatan Education (Cooking Class) dengan durasi 10.30-12.30 WIB. 
Mereka juga menyiapkan spanduk yang bertuliskan ”Studi Banding Mahasiswa Akpar Majapahit (Tristar Group), 02 Maret 2019” serta mengurusi semua pernak-pernik acara tur tersebut mulai transportasi, konsumsi hingga berkoordinasi dengan perwakilan dari Kampung Coklat Desa Kademangan Blitar hingga hari H acara.
Perjalanan melalui jalur darat dari Kampus Akpar Majapahit, Gedung Graha Tristar Jl. Raya Jemursari No. 244 Surabaya ke Kampung Coklat, Desa Kademangan, Kabupaten Blitar memakan waktu sekitar empat jam. Rombongan mahasiswa itu berangkat sekitar pukul 07.15 dan tiba di tempat tujuan sekitar pukul 11.15  WIB.
Sesampai di tempat tujuan, rombongan mahasiswa Tristar Group yang dipimpin Chef Otje H. Wibowo itu disambut oleh H. Mustaqim (Direktur & Humas Kampung Coklat), Chef Imam Bachrawi (Pakar Percoklatan), Risa Za’afis S. dan Vina Urfah (Instruktur Cooking Class) di Ruang Pertemuan Kampung Coklat.
Sebelum mengikuti forum diskusi bersama unsur pimpinan Kampung Coklat,  rombongan mahasiswa Pastry Class Tristar Group itu lebih dulu diajak keliling area Kampung Coklat, mulai melihat fasilitas pembibitan tanaman coklat (Theobroma Cacao Linn.), untuk percontohan kepada pengunjung.
Sebelum mengikuti sesi acara Education (Cooking Class), peserta study tour diajak keliling area Kampung Coklat oleh tuan rumah. Mereka dikenalkan benih coklat yang diperoleh dari buah coklat yang sudah matang (Theobroma Cacao Linn.). Mahasiswa juga diperkenalkan teknik pembibitan tanaman coklat yang berada di dalam kompleks Kampung Coklat.
Selanjutnya, jadwal Istirahat, Sholat dan Makan Siang (Ishoma) ditetapkan mulai pukul 12.30-13.30. Ini berarti waktu peserta study tour untuk mengisi Ishoma hanya satu jam saja, sebelum mengikuti acara berikutnya, yakni Forum Diskusi dengan unsur pimpinan PP Kampung Coklat di meeting room.
Sesuai Itinerary, kegiatan forum diskusi dijadwalkan berlangsung mulai pukul 13.30-15.00. Usai mengikuti acara forum diskusi, peserta Blitar Tour 2019 dipersilakan mengisi Free Program yang dimulai pukul 15.00-16.00 WIB. Waktu satu jam itu dimanfaatkan peserta study tour untuk memborong oleh-oleh di Galery Coklat dan berswafoto di sejumlah spot Kampung Coklat yang dianggap instagramable.
Tak terasa agenda keliling area Kampung Coklat dan acara Cooking Class yang memakan waktu 1,5 jam harus berakhir, karena sudah waktunya Ishoma I (Istirahat, Sholat dan Makan Siang), sesuai Itinerary yang telah disusun oleh pihak Panitia Blitar Tour 2019.
Khusus untuk jatah makan siang, setiap peserta Blitar Tour 2019 berhak mendapatkan satu rice box, yang isinya terdiri dari nasi putih, sambal goreng kentang, ca buncis + wortel, ayam bakar bumbu bali + sambal terasi, buah iris dan satu cup mineral water.
”Rangkaian acara yang tersebut kami pastikan sesuai jadwal, terutama agenda makan siang –dikemas dalam rice box-- dinilai sangat krusial dan hal ini menjadi atensi utama tour leader, agar peserta study tour tenang mengikuti rangkaian acara hingga tuntas,” kata Sheila Dionita, tour leader program Blitar Tour 2019, di dampingi dua rekannya, Tasya Novita Iskandar dan Nurul Hamidah (mahasiswa D3 Prodi Usaha Perjalanan Wisata Akpar Majapahit Semester V).
Begitu juga saat perjalanan pulang dari Kampung Coklat Desa Kademangan Blitar menuju Surabaya (pukul16.00-18.00), pihaknya juga telah mengatur sedemikian rupa sehingga agenda makan malam ala prasmanan di Rumah Makan Titin (lokasinya di akses jalan utama dari arah Kediri menuju Kertosono), dijadwalkan pukul 18.00-19.00, yang bertepatan dengan Ishoma II.
Agenda makan malam bersama di Rumah Makan (RM) Titin itu juga dipastikan sesuai itinerary yang sudah disusun sebelumnya. Dengan demikian jadwal perjalanan pulang rombongan dari Kampung Coklat kembali ke Kampus Akpar Majapahit tidak terlalu meleset, yakni sekitar pukul 20.45 WIB, sesuai on board.
Untuk menghangatkan suasana selama perjalanan darat dari Surabaya ke Blitar dan sebaliknya, pihaknya bersama Dosen Pembimbing mengajak peserta study tour untuk menikmati music karaoke di atas bus. ”Kami juga membagikan snack berupa roti, minuman ringan dan mineral water ketika bus royang ditumpangi peserta tur memasuki tol Surabaya-Mojokerto,” kata Nurul Hamidah dan Tasya, co-tour leader.
Sementara itu, Kaprodi D3 Usaha Perjalanan Wisata (UPW) Akpar Majapahit Dewi Mariyanak M.Par mengatakan, Itinerary acara Blitar Tour 2019 ini sudah diajarkan kepada mahasiswa yang belajar sekaligus praktik langsung teknik meng-handle wisatawan sejak mereka duduk di Semester III.
”Dengan demikian, jika ada kepercayaan dari pihak Akademik untuk menggunakan jasa mahasiswa kami menjadi tour leader dan co-tour leader, maka kesempatan emas ini tentu tidak akan disia-siakan untuk tampil all out dan profesional,” tandasnya.
Anda tertarik dengan aneka kegiatan mahasiswa Akpar Majapahit di dalam kampus (Gedung Graha Tristar) maupun di luar kampus, silakan menghubungi Tim Marketing Akpar Majapahi (Tristar Group) Jl Raya Jemursari No. 244 Surabaya, Telp. (031) 8433224-25, sekarang juga. (ahn)

Leave a Reply

Subscribe to Posts | Subscribe to Comments

- Copyright © SEKOLAH PERHOTELAN & PARIWISATA - Majapahit Tourism Academy - Powered by MATOA - Designed by Irvan -