INFO

Posted by : berita kuliner Selasa, 23 Juli 2019

Belajar Front Office sesuai Standar Industri Perhotelan

Mahasiswa Baru Akpar Majapahit Praktik ”Front Office Basic Knowledge” di Best Western Papilio Hotel Surabaya 

SEBANYAK 20 mahasiswa baru Pastry Akpar Majapahit Kelas Siang dikenalkan cara kerja Front Office (FO) sesuai standar industri perhotelan di Best Western Papilio Hotel Surabaya, Senin (17/12/2018) pagi oleh Hardhita Kusdharyanto M.Par., Dosen Front Office Prodi D3 Perhotelan Akpar Majapahit. Tujuannya untuk memberikan pemahaman yang sama saat mereka belajar FO di kelas dengan realitas di lapangan khususnya di industri perhotelan.
Rombongan mahasiswa bersama dosen pembimbingnya pagi itu sudah berkumpul di lobi Best Western Papilio Hotel sekitar pukul 09.30-an WIB. Sedangkan jadwal acaranya sendiri baru dimulai pukul 10.00-selesai. Dosen Front Office (FO) yang mendampingi mahasiswa adalah Hardhita Kusdharyanto M.Par.
Kedatangan rombongan mahasiswa baru Pastry Class Akpar Majapahit bersama dosen pembimbingnya, pagi itu, disambut oleh Front Office Manager (FOM) Best Western Papilio Hotel Khairul Anam dan Assn. Food & Beverage Manager (FBM) Ade Rizky Fajar.
Sebelum belajar Front Office Basic Knowledge di Vandepoli Room, mahasiswa diajak tour hotel lebih dulu oleh FOM Best Western Papilio Hotel Khairul Anam .Mereka dikenalkan fasilitas kamar hotel mulai Superior Room dengan luas 28 m2. Tarif Superior Room Rp 688 ribuan ++ per malam (terendah), sedangkan Executive Room yang bertarif Rp 900 ribuan ++ per malam dengan luas 32 m2 di lantai 11. 
Sementara itu di lantai 29, mahasiswa diperlihatkan Deluxe Room (Deluxe Twin dan Deluxe Queen) dengan luas 28 m2. Selanjutkan rombongan mahasiswa diajak ke lantai 36 untuk melihat fasilitas President Suite Room dengan luas 62 m2 yang tarifnya Rp 1,5 jutaan ++ per malam (tertinggi). President Suite Room hotel bintang empat di bawah pengelolaan Waskita Realty Group ini kebanyakan dipesan oleh kalangan pejabat dan eksekutif perusahaan.
Selain showing ke kamar hotel, mahasiswa juga diajak melihat fasilitas hotel yang lain seperti Meeting Room, Mariposa Restaurant dan Main Kitchen di Lantai 7, sedangkan Bantimurung Skypool & Café dan Fitness Centre (Gym) & Spa di Lantai 8 Best Western Papilio Hotel Surabaya.
Usai tour hotel selama 30 menitan, rombongan kembali ke Vandepoli Room (area Lobby Hotel) di Lantai 1, untuk mengikuti acara utama yakni Front Office Basic Knowledge, yang dipandu langsung oleh Front Office Manager (FOM) Khairul Anam. Sedangkan Hardhita Kusdharyanto M.Par sendiri proaktif mendampingi mahasiswanya mengikuti rangkaian kegiatan Front Office yang dipresentasikan oleh pihak hotel.
Dalam pengantarnya sebelum memasuki acara utama, Dosen Front Office Akpar Majapahit Hardhita Kusdharyanto M.Par mengatakan, pembelajaran Front Office (FO) sesuai standar industri perhotelan bagi mahasiswa ini merupakan tindak lanjut dari penjelasan dosen selama belajar di kelas.
“Dengan demikian anak didik kami punya pemahaman sama dalam menyikapi mata kuliah Dasar-dasar Front Office dan sisik meliknya, setelah nantinya mereka bekerja di industri perhotelan,” kata Hardhita di hadapan anak didiknya.

Selanjutnya, dalam pemaparannya di hadapan mahasiswa baru Akpar Majapahit, Front Office Manager (FOM) Khairul Anam mengatakan, di sebuah hotel berbintang, Anda akan menemukan front desk (meja depan). Front desk adalah bagian depan front office (counter), tempat dilakukan proses tamu masuk (check in) dan tamu keluar untuk meninggalkan hotel (check out) serta pelayanan-pelayanan lainnya seperti pembayaran rekening atau informasi lainnya.
Di ruang depan lobi hotel bintang empat itu, Anda juga menemukan meja utama, tempat pendaftaran para tamu hotel (termasuk untuk pemegang Member Card). Di lobi hotel itu tersedia sofa dan meja untuk tamu, meja welcome drink & fresh towels, charger box dan pastry corner yang menyediakan aneka kue dan roti fresh from the oven. Sedangkan kotak-kotak penyimpanan kunci kamar, titipan surat-surat dan dokumen penting lainnya berada di belakang sfaff FO berdiri melayani tamu hotel. 
Di front desk, Anda akan disambut beberapa karyawan hotel yang bekerja pada bagian administrasi (pendaftaran) tamu, informasi dan kasir. Sedangkan front desk officer adalah penanggung jawab seluruh tugas front desk dengan bantuan receptionist, bell boy, bell captain dan doorman.
Sedangkan front office (kantor depan) adalah bagian kantor hotel yang melaksanakan semua urusan pendaftaran dan penempatan kamar untuk tamu, pemesanan kamar, pembayaran rekening, dan bertindak sebagai sumber informasi kepada para tamu.
Di kantor depan tersebut, Anda akan bertemu front office cashier (kasir kantor depan). Kasir yang ditempatkan di kantor depan hotel untuk menerima pembayaran rekening tamu. Penanggung jawab di kantor depan hotel dipercayakan kepada seorang front office manager atau kepala kantor depan.
Di area depan sebuah hotel, Anda juga bisa menjumpai fasilitas yang disebut front of the house, yakni bagian dari suatu hotel tempat tamu secara langsung dilayani, seperti  front office, restaurant dan bar.
Mengingat begitu tertatanya sistem kerja di Front Office (FO) suatu hotel, maka kemampuan berkomunikasi antarpersonal menjadi salah satu tolak ukur bagaimana kinerja sebuah hotel dalam menyambut tamu yang akan check in maupun check out.
”Keramahtamahan petugas front office sebuah hotel menjadi suatu keniscayaan karena bisnis hotel adalah bisnis jasa yang lebih mengedepankan pelayanan. Makanya, kecakapan berkomunikasi dalam bahasa Inggris sebagai bahasa utama pergaulan internasional, wajib hukumnya bagi petugas front office,” terang Khairul Anam.
FO Section di Best Western Papilio Hotel dibagi dalam lima seksi, yakni Reservation Section, Reception Section, Cashier Section, Telephone Operator Section dan Concierge Section. FO section menjadi ujung tombak hotel untuk melayani tamu yang datang mulai Private, Gouverment, Corporate, Travel Agents (Offline Travel Agent seperti Kaha Tour) dan Online Travel Agent seperti Traveloka).
Dalam kesempatan itu, mahasiswa juga diajarkan bagaimana mengisi aplikasi room reservation yang benar sesuai dengan standar industri di Front Desk oleh Khairul Anam dan staff FO Best Western Papilio Hortel. ”Jadi aplikasi yang tersaji di dalam formulir itu juga menggunakan bahasa Inggris. Ini semua untuk membiasakan mahasiswa saat mereka terjun di dunia kerja yakni industri perhotelan,” kata Khairul, sapaan akrabnya.
Selama simulasi praktik Front Office di Front Desk Best Western Papilio Hotel, siang itu, 20 mahasiswa baru Pastry Class Akpar Majapahit antusias mendengarkan penjelasan dari FOM Khairul Anam. Untuk membantu kelancaran pekerjaan staff FO, Best Western mengaplikasikan Professional Management System (PMS). Praktik langsung FO tersebut juga disaksikan Dosen Front Office Hardhita Kusdharyanto M.Par.
Anda tertarik dengan aneka kegiatan mahasiswa di kampus Akpar Majapahit dan ingin menjadi bagian dari civitas akademika Akpar Majapahit, silakan menghubungi Tim Marketing Akpar Majapahit di Gedung Graha Tristar Jl Raya Jemursari No. 244 Surabaya, Telp. (031) 8433224-25, 8480821-22, sekarang juga. (ahn)

Leave a Reply

Subscribe to Posts | Subscribe to Comments

- Copyright © SEKOLAH PERHOTELAN & PARIWISATA - Majapahit Tourism Academy - Powered by MATOA - Designed by Irvan -