INFO

Posted by : berita kuliner Selasa, 21 Mei 2019

Demi Aplikasikan Mata Kuliah Perencanaan Pariwisata

Mahasiswa D3 Usaha Perjalanan Wisata (UPW) Akpar Majapahit Semester V Explore Pantai Timur Surabaya (Pamurbaya)

PADA pekan terakhir Oktober 2018 lalu, mahasiswa D3 Prodi Usaha Perjalanan Wisata (UPW) Akpar Majapahit Semester V meng-explore Pantai Timur Surabaya (Pamurbaya) bersama Dosen Perencanaan Pariwisata Taberi. Laporan dari kegiatan tersebut sebagai pengganti Ujian Tengah Semester (UTS) bagi mahasiswa UPW Akpar Majapahit Semester V yang berkampus di Graha Tristar Jl. Raya Jemursari No. 244 Surabaya.

Mahasiswa UPW Semester V yang meng-explore Pamurbaya tepatnya di Wisata Anyar Mangrove (WAM) Tambak Kangri Rungkut ini adalah Astri W. Oqtavia, Nabila Salsabila, Sofyan Effendi, Nurul Hamidah, Tasya Novita Iskandar, Dicky Tri Darma Putra, Rusydi Fawaid, Jonianto, Zackaria Manuputty dan Sheila Dionita.
Oleh dosen pembimbing, mahasiswa yang dilibatkan dalam program ini ditugasi mencari informasi langsung kepada masyarakat sekitar Pamurbaya, khususnya yang beraktivitas di Wisata Anyar Mangrove (WAM) di daerah Tambah Kangri Rungkut.
Selain menawarkan wisata pantai dengan transportasi perahu yang menjadi ciri khas Pamurbaya, mahasiswa juga menikmati pernak pernik dari pengolahan Mangrove menjadi berbagai produk seperti sirup dari buah Mangrove, pewarna kain batik dari buah Mangrove dan aneka produk olahan hasil laut kreasi warga Tambak Kangri Rungkut. 
Menurut Sofyan Effendi, program blakrakan bagi mahasiswa UPW Semerter V ini merupakan tugas terstruktur dari Dosen Perencanaan Pariwisata Akpar Majapahit Taberi, demi mendekatkan anak didiknya dengan masyarakat sekitar objek wisata khususnya di kawasan Pamurbaya.
Pasalnya, lanjut Sofyan, masih banyak objek wisata pantai di Surabaya dan sekitarnya yangn bisa di-explore dan diangkat sebagai objek wisata baru yang layak dijual kepada wisatawan domestik maupun mancanegara. 
Pengelolaan pantai yang ramah lingkungan oleh warga sekitar Pamurbaya (dengan disupervisi Pemkot Surabaya cq. Dinas Pariwisata Surabaya, paling tidak bisa menggerakkan ekonomi masyarakat pesisir sekaligus mendongkrak kehidupan keluarga nelayan di sana.
”Keberadaan Wisata Anyar Mangrove (WAM) Tambak Kangri Rungkut menginspirasi kami untuk meng-explore-nya. Hasil observasi ini jadi pijakan awal bagi kami untuk menyusun sebuah laporan Perencanaan Pariwisata yang komprehensif dan memasarkannya melalui website kampus maupun instagram mahasiswa D3 Prodi UPW Akpar Majapahit,” cetus Sofyan di dampingi tiga rekannya, yakni Jonianto, Zackaria Manuputty dan Dicky Tri Darma Putra, Senin (05/11/2018) siang.
Dari sisi aksesibilitas menuju Wisata Anyar Mangrove (WAM) Tambak Kangri Rungkut, lokasinya relatif mudah dijangkau. Kalau Anda naik kendaraan roda empat dari Bundaran Waru bisa lewat tol Juanda keluar di akses keluar tol Tambak Sumur.
Sementara itu kalau Anda naik kendaraan roda dua atau mobil pribadi lewat jalur non tol bisa menyusuri jalan dari Bundaran Dolog (Jl. A. Yani) ke arah Jemur Handayani, Rungkut Industri, Rungkut Mapan, Gunung Anyar (Kampus UPN Surabaya) ke arah timur menuju Tambak Kangri Kecamatan Rungkut Surabaya.
Anda tertarik dengan aneka kegiatan mahasiswa di kampus Akpar Majapahit dan ingin menjadi bagian dari civitas akademika Akpar Majapahit, silakan menghubungi Divisi Marketing Akpar Majapahit Jl Raya Jemursari No. 244 Surabaya, Telp. (031) 8433224-25, 8480821-22, sekarang juga. (ahn)

Leave a Reply

Subscribe to Posts | Subscribe to Comments

- Copyright © SEKOLAH PERHOTELAN & PARIWISATA - Majapahit Tourism Academy - Powered by MATOA - Designed by Irvan -