INFO

Posted by : berita kuliner Rabu, 01 Mei 2019

Dari Praktik Table Manner di Grand Darmo Suite Surabaya

Belajar Table Manner Sekalian Menikmati Lezatnya Menu Lunch Western Persembahan Chef Puguh Kisworo
SAMBIL menyelam minum air. Pepatah ini nampaknya pas untuk menggambarkan kegiatan 25 mahasiswa Culinary dan Pastry Class Tristar Institute Kaliwaron  yang menghadiri acara jamuan makan siang resmi untuk Table Manner di Grand Darmo Suite Surabaya, Kamis (18/10/2018) pagi. 

Setelah dibekali pengetahuan seputar sisik melik Table Manner oleh Food & Beverage Manager (FBM) Grand Darmo Suite Prasta Nugraha, mereka juga dipersilakan untuk menyantap satu set menu lengkap makan siang ala Barat (Lunch Western) di hotel bintang empat tersebut.
Menu Table Manner pagi itu disiapkan langsung oleh Executive Chef  Grand Darmo Suite Surabaya, Puguh Kisworo bersama timnya. Chef Puguh sibuk menyiapkan menu lengkap jamuan makan siang ala Barat (Lunch Western) untuk Table Manner. Satu setu menu lengkap itu meliputi  Button Bread (pengganti Bread & Butter), Waldorf Apple Salad (Appetizer), Pumpkin Creamy Soup (Soup), Chicken Steak Gallette Lyonnaise with BBQ Sauce (Main Course) dan Mocca Cake (Dessert). 
Bread & Butter (B&B) disajikan untuk menunggu acara jamuan makan yang sesungguhnya. B&B biasanya berupa seiris roti tawar dan butter yang disajikan di atas lepek dan sudah dilengkapi sebuah pisau kecil untuk mengoleskan butter ke cuilan roti. Dalam acara pagi itu, pihak hotel hanya menghidangkan Button Bread.
Menginjak ke acara jamuan makan siang ala Barat (Lunch Western), menu makanan pembuka (Appetizer) yang disajikan adalah Waldorf Apple Salad. Untuk menyantap Appetizer ini tamu cukup menggunakan sendok garpu. Makanan pembuka ini sifatnya tidak mengenyangkan dan diharapkan bisa merangsang nafsu makan tamu untuk menikmati sajian menu berikutnya.
Menu yang kedua adalah Pumpkin Creamy Soup (Soup). Untuk menikmati sup yang lezat ini, Anda bisa menggunakan sendok sup yang tersedia di meja. Sedangkan menu utama (Main Course)-nya berupa Chicken Steak Gallette Lyonnaise with BBQ Sauce dan sebagai hidangan penutup (Dessert)-nya adalah Pannacota Blueberry Brownie with Ice Cream.
Dalam kesempatan itu, Executive Chef Grand Darmo Suite Puguh Kisworo juga berbagi info seputar kelebihan satu set menu lengkap untuk jamuan makan siang –mulai Bread & Butter (BB), Appetizer, Soup, Main Course dan Dessert-- yang dihidangkan kepada mahasiswa Culinary dan Pastry Class Tristar Institute Kaliwaron, sebelum penutupan acara, Kamis (18/10/2018) siang.
Chef Puguh juga memberikan tips & trik bagaimana membuat satu set menu masakan lengkap untuk jamuan makan siang yang enak rasanya, namun harganya pantas karena terjangkau kantong pelanggan. Salah satu hal yang perlu dihitung adalah aspek costing-nya. Pemilihan bahan-bahan masakan sebelum diolah lebih lanjut di dapur menjadi pertimbangan utama orang-orang kitchen.
Misalnya, bumbu impor yang relatif mahal di pasaran, bisa disiasati dengan membuat sendiri di dapur dengan memanfaatkan bahan-bahan lokal. Upaya ini dilakukan demi memenuhi aspek cost control yang ketat. Makanya orang kitchen harus bisa bekerja sama dengan orang-orang accounting hotel.
”Jika Anda bisa menghitung cost control, maka harga satu paket Lunch Western yang kami tawarkan kepada tamu Grand Darmo Suite boleh dibilang wajar dan masuk akal, sedangkan dari aspek kualitas dan cita rasa masakannya pun masih tetap kena di lidah pelanggan,” terang Chef Puguh, sapaan akrabnya. 
Anda tertarik dengan aneka kegiatan mahasiswa di kampus Tristar Institute Kaliwaron, silakan menghubungi Kantor Pusat Tristar Group Jl Raya Jemursari No. 244 Surabaya, Telp. (031) 8433224-25, 8480821-22, sekarang juga. (ahn)

Leave a Reply

Subscribe to Posts | Subscribe to Comments

- Copyright © SEKOLAH PERHOTELAN & PARIWISATA - Majapahit Tourism Academy - Powered by MATOA - Designed by Irvan -