INFO

Posted by : berita kuliner Selasa, 09 April 2019

Dari Praktik Basic Housekeeping di Industri Perhotelan

Mahasiswa Baru D3 Prodi Perhotelan Akpar Majapahit Semester I Belajar Sistem Kerja Housekeeping di Midtown Hotel (Naskah ke-1, dari Dua Tulisan)

SEBANYAK 11 mahasiswa baru D3 Prodi Perhotelan Akpar Majapahit Semester I dikenalkan dari dekat cara kerja tata graha (housekeeping) standar industri di Midtown Hotel Jl Basuki Rahmat No. 76 Surabaya, Jumat (28/09/2018) pagi. Kunjungan ke industri ini sekaligus untuk mengaplikasikan mata kuliah Housekeeping yang telah diajarkan di kelas. 

Kedatangan rombongan mahasiswa D3 Prodi Perhotelan Akpar Majapahit pagi itu di dampingi Dosen Tata Graha Prodi D3 Perhotelan Akpar Majapahit R. Paulus W. Soetrisno M.Par dan Dosen Pengantar Komputer Peter ST. Di lobi hotel bintang tiga plus itu, mereka disambut Sales & Marketing Manager Midtown Hotel Andra, Executive Housekeeper Erik Setiawan, Supervisor Housekeeping Lailatus (Lala), Chef De Party (CDP) Sandi dan Sales Executive Yenny Agustina.
Sebelum dikenalkan seputar Basic Housekeeping Knowledge & Housekeeping Practice oleh pihak Midtown Hotel Surabaya, pimpinan rombongan mahasiswa Akpar Majapahit, R. Paulus W. Soetrisno menerangkan run down acara kunjungan industri tersebut kepada anak didiknya. 
Acara pertama, mahasiswa baru itu diajak tour hotel oleh Ce Yenny, sapaan akrabnya.  Saat tour hotel itu mahasiswa ditunjukkan fasilitas hotel mulai kamar (room) di lantai 18, front office, kitchen dan restaurant
”Usai tour hotel dilanjut dengan penjelasan seputar Basic Housekeeping Knowledge & Housekeeping Practice. Sedangkan acara pamungkasnya adalah Lunch Buffet bersama di Townhall Restaurant,” kata Andra, Sales & Marketing Manager Midtown Hotel di dampingi Executive Housekeeping Erik Setiawan.
Sementara itu dalam presentasi singkatnya di hadapan 11 mahasiswa baru Akpar Majapahit, Executive Housekeeper Midtown Hotel Erik Setiawan mengatakan, banyak hal yang bisa diserap mahasiswa ketika melihat langsung kerja di dunia industri perhotelan dan pariwisata. Khusus untuk pekerjaan housekeeping ada beberapa pengertian yang mesti dipahami betul oleh mahasiswa. 
Menurut Erik, pengertian housekeeping dan tugasnya. Dari segi bahasa, house artinya rumah, gedung, wisma atau hotel, sedangkan keeping mempunyai arti memelihara, merawat, menjaga. Oleh sebab itu housekeeping disebut juga tata graha.
Tata graha (housekeeping) adalah bagian dari departemen yang mengatur atau menata peralatan, menjaga kebersihan, melaporkan kerusakan dan memberi dekorasi dengan tujuan agar rumah (hotel) tersebut tampak rapi, bersih, menarik dan menyenangkan bagi penghuninya.
Departemen housekeeping tidak hanya mempersiapkan kamar-kamar tamu, namun secara keseluruhan bertanggung jawab menjaga, merawat dan membersihkan semua fasilitas hotel tersebut bersih, rapi dan nyaman. Oleh sebab itu, semua aktivitas housekeeping bertujuan untuk memaksimalkan pemeliharaan, perawatan dan kebersihan hotel secara menyeluruh dapat terjaga dengan baik.
Karyawan housekeeping memberikan pelayanan terhadap kelancaran, kesiapan dan pemeliharaan kamar tamu (room hotel), public area, restaurant, meeting room, laundry, sarana olahraga, swimming pool dan fasilitas lainnya. Mereka merupakan bagian dari tim yang selalu siap mempersiapkan dan menyambut kedatangan tamu-tamu hotel. 
”Karyawan housekeeping sangat peduli terhadap kenyaman tamu dengan cara memperhatikan hal-hal yang detail dan menindaklanjuti segala perbaikan-perbaikan yang diperlukan,” terang Erik Setiawan di hadapan mahasiswa baru Akpar Majapahit.
Dalam operasional hotel, hal-hal mengenai kebersihan dilakukan dan dilaksanakan oleh departemen housekeeping, yang kegiatannya dipimpin oleh Housekeeping Manager atau Executive Housekeeper
Secara umum, departemen housekeeping memiliki tanggung jawab area yang sangat besar, maka wajar kalau housekeeping mempunyai jumlah karyawan lebih banyak dari depertemen lainnya. Oleh sebab itu, pelaksanaan pemeliharaan dan pembersihan area hotel diatur menurut seksi-seksi sebagai berikut:
1.    Public Area, seksi yang mempunyai tugas dan tanggungjawab untuk menjaga kebersihan, kerapihan, keindahan dan kenyamanan seluruh area hotel, baik yang ada di luar gedung maupun di dalam gedung hotel, antara lain lobby area, restroom, restaurant, meeting room dan fasilitas untuk karyawan hotel.
2.    Room, seksi yang mempunyai tanggung jawab untuk mempersiapkan dan menjaga kebersihan, kerapihan dan kelengkapan kamar tamu.
3.    Laundry, seksi yang mempunyai tanggung jawab untuk menyediakan linen-linen yang bersih untuk keperluan kamar, restaurant dan meeting room, menyediakan seragam bersih bagi karyawan dan membersihkan pakaian tamu yang kotor.
4.    Linen dan Uniform, seksi yang bertanggung jawab untuk mengelola sirkulasi dan penyediaan seluruh linen dan uniform bagi karyawan.
5.    Florist, seksi yang bertanggung jawab untuk menyediakan dan merangkai bunga-bunga yang segar untuk memperindah dekorasi dalam hotel.
6.    Gardener, Seksi yang bertanggung jawab untuk memelihara tanaman-tanaman baik di dalam maupun di luar hotel.
Sasaran Housekeeping
Kebersihan
Kebersihan di suatu hotel sangat menentukan, bila kebersihan terjaga dengan baik maka tamu akan merasa nyaman dan tenang karena sanitasi dan hygiene terjamin. Bahkan banyak tamu yang menentukan pilihan suatu hotel karena kebersihan hotel tersebut.
Kerapian
Kerapian mencakup pengaturan tata letak suatu ruangan dengan perlengkapan serta dekorasi yang serasi membuat ruangan tersebut menjadi lebih menarik.
Kelengkapan
Mengantisipasi keperluan tamu selama mereka menginap dengan melengkapi semua kelengkapan kamar sesuai dengan standard-nya sehingga pengunjung merasa nyaman dan betah tinggal dan berkunjung kembali ke hotel.
Fasilitas
Fasilitas mencakup semua peralatan yang disediakan agar dapat berfungsi dan dipergunakan oleh tamu hotel, sehingga fasilitas tersebut meningkatkan kenyamanan dan tidak mengganggu kegiatan-kegiatan mereka. 
”Demi menambah pengetahuan di luar kampus sekaligus menambah serapan ilmu dari pelaku industri maka pergunakanlah setiap kesempatan emas dengan sebaik mungkin saat Anda bertemu pelaku industri demi meningkatkan kompetensi profesi di industri perhotelan dan pariwisata,” kata R. Paulus W. Soetrisno kepada anak didiknya. 
Anda tertarik dengan aneka kegiatan mahasiswa di kampus Akpar Majapahit, silakan menghubungi Divisi Marketing Akpar Majapahit Jl Raya Jemursari No. 244 Surabaya, Telp. (031) 8433224-25, 8480821-22, sekarang juga. (ahn)

Leave a Reply

Subscribe to Posts | Subscribe to Comments

- Copyright © SEKOLAH PERHOTELAN & PARIWISATA - Majapahit Tourism Academy - Powered by MATOA - Designed by Irvan -