INFO

Posted by : berita kuliner Rabu, 13 Maret 2019

Serunya Kunjungan Industri di Kokoon Hotels Surabaya

20 Mahasiswa Prodi Perhotelan Akpar Majapahit Belajar ”Entrepreneurship” di Kokoon Hotels Surabaya 

SEBANYAK 20 mahasiswa D3 Prodi Perhotelan Akpar Majapahit praktik Entrepreneurship (Kewirausahaan) sesuai Standar Industri Perhotelan di Kokoon Hotels Jl. Slompretan No. 26 Surabaya, Senin (23/07/2018) petang bersama Agus Sudarsono M.Par., Dosen Entrepreneurship. Tujuannya untuk memberikan pemahaman yang sama saat mereka belajar Entrepreneurship di kelas dengan realitas di lapangan khususnya di industri perhotelan.

Rombongan mahasiswa bersama dosen pembimbingnya itu menumpang dua mobil Multipurpose Vehicle (MPV) berangkat dari Kampus Akpar Majapahit Jl. Raya Jemursari No. 244 Surabaya menuju hotel yang beroperasi di Jl Slompretan No. 26 (Kawasan Kembang Jepun, Surabaya Utara) tersebut sekitar pukul 16.00. Perjalanan sejauh 30-an kilometer ditempuh 60 menitan dan rombongan sampai di tujuan sekitar pukul 17.00 WIB.
Dosen yang mendampingi rombongan mahasiswa pada Senin (23/07/2018) malam itu adalah Kaprodi D3 Perhotelan Akpar Majapahit R. Paulus W. Soetrisno M.Par., Dosen Entrepreneurship, Agus Sudarsono M.Par dan Dosen Beverage Product, Yoseph Agung Priyo Widodo.
Kedatangan rombongan 20 mahasiswa Akpar Majapahit bersama dosen pembimbingnya itu disambut oleh General Manager  (GM) Kokoon Hotels Surabaya Hassanudin, Senior Sales & Marketing Manager Budi Setiono, Asst. Front Office Manager (AFOM) M. Taufik, Sous Chef Arif Dwi Romana, Restaurant Manager Ade Rizky Fajar dan Head of Barista Ade Kikyo Rizky di lobi hotel bintang tiga tersebut. 
Setelah berbincang sejenak di lobi hotel, rombongan mahasiswa diajak oleh Restaurant Manager Ade Rizky Fajar menuju area Kokoon Restaurant untuk diberi pengarahan dan praktik Entrepreneurship sesuai run down yang telah disusun pihak hotel.
Kelompok 1 yang terdiri dari 10 mahasiswa langsung diajak praktik masak di kitchen hotel (sesuai order dinner buffet di papan tulis) dengan disupervisi langsung oleh Sous Chef Aril Dwi Romana dengan dibantu dua asistennya, Arif Darmawan (Cook 1) dan Danis Firmansyah (Cook 2). 
Menu masakannya meliputi Nasi Goreng Mentega, Steamed Rice, Mie Goreng Thailand, Kakap Balado, Baby Caylan Garlic, Ayam Goreng Serai, Crab & Corn Soup, membuat Es Longan dan menyiapkan Slice Fruits. Durasi masaknya pun harus cepat sesuai standar kerja di kitchen hotel.
”Selain diberi kesempatan untuk praktik langsung di kitchen hotel, mahasiswa anggota Kelompok 1 juga kami tugasi untuk menaruh hasil masakan mereka di atas pemanas makanan yang telah disiapkan sebelumnya oleh mahasiswa anggota Kelompok 2. Hasil masakan mereka itu untuk persiapan acara Dinner Buffet,” kata Chef Arif Darmawan kepada kru www.culinarynews.info, kemarin malam.  
Sementara itu pada waktu bersamaan, Restaurant Manager (F&B Manager) Ade Rizky Fajar melakukan supervisi langsung kepada 10 mahasiswa lain dari Kelompok 2. Mereka diminta menyusun pemanas makanan plus label nama masakan sesuai urutan mulai dari Nasi Goreng Mentega hingga Crab & Corn Soup
Selain itu, mereka juga ditugasi menyiapkan sendok dan garpu, piring, sendok es, gelas untuk diletakkan sesuai tempatnya masing-masing. Begitu juga dengan penataan kerupuk dan wadahnya, slice fruits, es longan, aneka juice (orange & guava juice), apple tea ice dan infused water.
Giliran selanjutnya Head of Barista Ade Kikyo Rizky mengajari mahasiswa Kelompok 2 untuk meracik kopi ala Latte Art di Kokoon Restaurant. Sebelum membuat Latte Art, mahasiswa dikenalkan peralatan utama meracik kopi lengkap dengan bahan-bahannya. 
Sejumlah peralatan meracik kopi yang biasa ditemukan di café-café modern, seperti grander coffee (penghancur biji kopi matang menjadi bubuk halus), coffee maker (mesin pembuat kopi), teko, thermometer cairan, juga tersedia di Kokoon Restaurant.
Coffee maker yang dibuat untuk praktik mahasiswa adalah coffee maker portable yang praktis dibawa ke mana-mana. Dengan alat itu, mahasiswa bisa mempraktikkan secara langsung teknik membuat Latte Art sesuai arahan dosen pembimbing, tapi bahannya bukan bubuk kopi melainkan  bubuk cokelat  dan fresh milk.
”Sedangkan praktik membuat Latte Art sesuai standar industri, bahan yang digunakan bukan bubuk cokelat tetapi biji kopi yang sudah matang atau bubuk kopi, fresh milk (krim), simple sirup, es batu dan air hangat,” terang Kikyo di hadapan mahasiswa Akpar Majapahit.
Pembelajaran Entrepreneurship di Kokoon Hotels Surabaya sesi terakhir adalah belajar menghitung Harga Pokok Produksi (HPP), Selling Price, Revenue, Profit, Tax & Service Charge hingga Cost Control agar dalam berbisnis tidak sampai menderita kerugian. Oleh karena itu, seorang entrepreneur sejatinya juga harus rajin melakukan survei harga pasar (tradisional maupun modern) minimal sebulan satu kali untuk cek harga.
Sementara itu, lanjut Ade Rizky Fajar, ada tiga komponen utama terkait dengan cost (biaya), yakni harga bahan baku, ingredient (komposisi bahan masakan) dan profit (besaran keuntungan maksimum dipatok hingga 70 persen) karena memperhitungkan biasa operasi termasuk listrik (PLN), air bersih (PDAM), gas (PGN), ongkos tenaga kerja dan pajak (tax).
Di sela mendampingi anak didiknya belajar Entrepreneurship di Kokoon Hotels Surabaya, Kaprodi D3 Perhotelan Akpar Majapahit R. Paulus W. Soetrisno M.Par mengatakan, pembelajaran Entrepreneurship sesuai standar industri perhotelan bagi mahasiswa ini merupakan tindak lanjut dari penjelasan dosen selama belajar materi perkuliahan tersebut di ruang kelas.
“Dengan demikian anak-anak didik kami punya pemahaman sama dalam menyikapi mata kuliah Entrepreneurship yang dipelajari selama kuliah, sehingga mereka kelak bisa mengaplikasikannya saat bekerja di industri perhotelan,” tandasnya.
Anda tertarik dengan aneka kegiatan mahasiswa di kampus Akpar Majapahit dan ingin menjadi bagian dari civitas akademika Akpar Majapahit, silakan menghubungi Divisi Marketing Akpar Majapahit Jl Raya Jemursari No. 244 Surabaya, Telp. (031) 8433224-25, 8480821-22, sekarang juga. (ahn)

Leave a Reply

Subscribe to Posts | Subscribe to Comments

- Copyright © SEKOLAH PERHOTELAN & PARIWISATA - Majapahit Tourism Academy - Powered by MATOA - Designed by Irvan -