INFO

Posted by : berita kuliner Rabu, 05 Desember 2018

Belajar Molecular Mixologist Bersama Yoseph Agung Priyo Widodo 

Mahasiswa Perhotelan Semester 4 Dikenalkan Teknik Meracik Minuman dengan Sentuhan Molecular Mixologist

PASCA liburan Hari Raya Lebaran pertengahan Juni 2018 lalu, mahasiswa D3 Prodi Perhotelan Akpar Majapahit Semester 4 Kelas Reguler, kembali belajar sekaligus praktik meracik minuman melalui pendekatan teknik Molecular Mixologist bersama Yoseph Agung Priyo Widodo,  Dosen Luar Biasa Akpar Majapahit di mini bar Kampus di Lantai 4 Gedung Graha Tristar Jl. Raya Jemursari No, 244 Surabaya, Jumat (06/07/2018).

Tercatat ada enam mahasiswa D3 Prodi Perhotelan Kelas Reguler yang hadir pagi itu untuk belajar sekaligus praktik meracik minuman dengan sentuhan Molecular Mixologist. Mereka adalah Nikko Rikky, Dhesy Hanifah, M. Dicky Hardiawan, Veby Anastasia dan Eva Titania dan A. Agus Triawan. 
Sedangkan 10 mahasiswa yang lainnya yakni Amanda Citra, Elmy Herdian, Fikky Eka, Hanna Sasmitha, John Jesaya, Lita Noveta, Novi Fitriani, Putra Wahyu, Yulia dan Putu berhalangan hadir pada perkuliahan Bar 2 yang diasuh Yoseph Agung Priyo Widodo.
Pada tatap muka Jumat (06/07/2018) pagi itu, Yoseph, sapaan akrabnya, mengenalkan Dasar-dasar Molecular Mixologist kepada mahasiswa. Pasalnya,  teknik Molecular Mixologist berbeda dengan cara meracik minuman (cocktail dan mocktail) secara klasik (konvensional).
Mahasiswa juga dibekali pengetahuan seputar powder, cream seafon (pakai alat pengocok espuma atau soda seafon), nitrogen (N2), karbondioksida (CO2), dry ice, smoke gun hingga teknik meng-create minuman dengan teknik Molecular Mixologist.
Untuk memahami pengetahuan seputar teknik Molecular Mixologist dalam meracik minuman, Yoseph mengingatkan kembali pelajaran Ilmu Fisika tentang massa dan berat jenis, juga pengetahuan Ilmu Kimia yang pernah dipelajari anak didiknya semasa masih duduk di bangku SMA.
Setelah belajar teori seputar sisik melik teknik meracik minuman dengan pendekatan Molecular Mixologist, maka pada pertemuan pagi itu, mahasiswa  D3 Prodi Perhotelan Semester 4 Kelas Reguler praktik meracik Es Dawet Telasih, Sunset Jelly dan Coffee Buble Ice.
Untuk praktik kali ini, lanjut Yoseph, enam mahasiswa yang hadir itu dibagi tiga kelompok, masing-masing bersanggotakan dua orang. Setiap kelompok diminta membuat satu racikan minuman dengan sentuhan Molecular Mixologist.  Sedangkan bahan-bahan untuk meracik minuman itu dibawa sendiri dari rumah dengan lebih dulu belanja bahannya yang menelan biaya antara Rp 25.000 - Rp 50.000 per kelompok.
Saat meracik minuman di mini bar kampus, sejumlah mahasiswa baru (maba) yang mengikuti tour campus terkait dengan program Pengenalan Kehidupan Kampus Mahasiswa baru (PKKMB) 2018/2019 juga ditunjukkan aktivitas mahasiswa praktik bartending di mini bar tersebut.
Melalui mata kuliah Molecular Mixologist ini, pihaknya mengajak mahasiswa untuk belajar memadukan ilmu Fisika dan Kimia minuman sehingga terciptalah aneka kreasi minuman dengan tampilan dan citarasa yang berbeda daripada teknik meracik minuman  secara klasik (konvensional).
”Tidak hanya itu, saya bersama Kaprodi Perhotelan R. Paulus W. Soetrisno M.Par juga mengajak mahasiswa mengikuti kunjungan industri untuk belajar langsung teknik meracik minuman –mocktail, cocktail dan barista (latte art)-- dari ahlinya langsung di MaxOne Hotels Tidar dan Grand Darmo Suite Hotel Surabaya,” kata Yoseph Agung menutup wawancara dengan kru www.culinarynews.info, akhir pekan  lalu di Lantai 4 Graha Tristar Surabaya.
Untuk informasi lebih lanjut tsilakan menghubungi Tim Marketing Akpar Majapahit, Jl Raya Jemursari No. 244 Surabaya, silakan Anda menghubungi Telp. (031) 8433224-25, 8480823, Faksilimi (031) 8432050, sekarang juga. (ahn)

Leave a Reply

Subscribe to Posts | Subscribe to Comments

- Copyright © SEKOLAH PERHOTELAN & PARIWISATA - Majapahit Tourism Academy - Powered by MATOA - Designed by Irvan -