INFO

Posted by : berita kuliner Sabtu, 15 Agustus 2015

Dewi Mariyanah S.St.Par

Program studi usaha perjalanan wisata yang dimiliki oleh AKADEMI PARIWISATA MA­­JAPAHIT ini telah terakreditasi B yang di­­­se­lenggarakan selama 6 (enam) semester atau ditempuh selama 3 (tiga) tahun.
Menurut Ibu Dewi selaku kaprodi UPW Ak­­par Majapahit menjelaskan bahwa sesuai dengan visi program studi usaha perjalanan wi­sata yang menjadi pusat pembelajaran te­­ori dan praktek manajemen operasional usa­­ha perjalanan wisata yang berbasis pa­da mutu usaha dan kompetensi kerja yang ber­standar internasional dalam men­cip­ta­kan sumber daya manusia industri usa­ha per­jalanan wisata yang profesional, ber­bu­daya serta berskala global.


Dimana setiap ma­hasiswa program studi usaha perjalanan wi­­sata melaksanakan beberapa rangkaian pro­­gram praktek lapangan yang terdiri dari :

  • Praktek kerja selama minimal 3 bulan
  • Familiarization Trip bandara, hotel, perusahaan tour & tra­vel dan perusahaan pe­ner­bangan, dinas pariwisata pada semester 1
  • Field Observation 1 wilayah Jatim pada semester 2
  • Field Observation 2 wilayah Indonesia pada semester 4
  • Field Observation 3 wilayah ASEAN pada semester 6

UPW Akpar Majapahit juga bekerjasama de­ngan beberapa Travel Agent, seperti Java Ex­press, Bali Tour & Travel, Rodex Tour & Travel, Kartika Tour & Travel serta bekerja sa­­ma juga dengan beberapa lembaga tinggi pariwisata, salah sa­­tu­nya ada­lah HIL­DIK­TIPARI (Him­pu­­­­­­nan Lem­baga pen­­­­­di­­­dikan Ting­gi Pa­ri­­wi­­­­sa­ta In­do­ne­­sia), HPI (Him­pu­­nan Pari­wi­­sata In­­donesia), ASI­­TA (Aso­siation In­do­­­ne­sia Tour and Tra­vel Agency). PUTRI (Per­­himpunan Usa­­ha Taman Re­kre­­asi In­­do­nesia), INA­CA (In­­do­nesian Natio­nal Air Car­rier Asso­cia­tion), INC­CA (Indo­nesian Cong­­ress & Convention Asso­ciation). Diharapkan pula dengan lembaga-lembaga ter­­sebut dapat menciptakan kerjasama dengan Akpar Ma­japahit dalam bidang On The Job Training (OJT) dan penempatan dunia kerja.

Tour & Travel Operation Management
Program kreatifitas mahasiswa menurut sekretaris Kaprodi Perhotelan, Imania Ayu bahwasannya materi yang ia ajarkan meliputi 2 aspek yaitu Tour Product dan Travel Service. “Simulasi teori setiap hari diberikan ke­pada mahasiwa dari mulai hari senin sampai de­ngan jumat pukul 12.00-16.00 dengan materi meliputi ticketing seperti booking ticket sampai proses ticke­ting, dokumentasi perjalanan seperti paspor serta peren­canaan tour seperti yang sudah berjalan saat itu yaitu tour ke Bali dengan melibatkan 124 mahasiswa patiseri Akpar Majapahit. Dimana saat itu yang menjadi Tour Leader dari mahasiswa semester 3 dan 5 UPW (Usaha Perjalanan Wisata),” jelas Nia.

Harapan dengan studi ini mahasiswa diharapkan mam­pu berwirausaha di bidang Tour & Travel serta mam­­pu menyelenggarakan tour baik di domestik mau­pun inter­nasional. Tak hanya itu saja bagi Anda yang ingin melakukan perjalanan wisata maka Matoa Tour and Travel Akpar Majapahit akan membantu dalam mewu­judkan wisata tour Anda. 
 

Leave a Reply

Subscribe to Posts | Subscribe to Comments

- Copyright © SEKOLAH PERHOTELAN & PARIWISATA - Majapahit Tourism Academy - Powered by MATOA - Designed by Irvan -